update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas

Pembentukan Angkatan Siber akan Dilanjutkan di Era Pemerintahan Prabowo

Pembentukan Angkatan Siber akan Dilanjutkan di Era Pemerintahan Prabowo

Rabu, 11 September 2024 – 17:05 WIB

Jakarta, VIVA – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengatakan pembentukan Angkatan Siber yang akan menjadi matra keempat di tubuh TNI akan dilanjutkan di era pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Dia mengatakan hal tersebut pasti akan terjadi karena hampir semua negara di dunia sudah memiliki lembaga pertahanan untuk urusan siber.

Baca Juga :

Pramono Tegaskan Komunikasi Megawati-Prabowo Baik

“Itu sudah menjadi ancaman global saat ini, sudah terbukti beberapa masalah terkait data kita, dan sebagainya,” kata Maruli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 11 September 2024.

Ilustrasi-Parade pasukan dan Alutsista di HUT TNI ke 69

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Baca Juga :

Kabar Ada 4 Menteri Kabinet Prabowo dari Lulusan Taruna Nusantara, Ahmad Doli Blak-blakan Ini

Menurutnya TNI AD juga akan menyiapkan hal-hal yang diperlukan agar memiliki organisasi yang baik untuk memfungsikan dan mengantisipasi perkembangan siber.

Baca Juga :

PDIP Tegaskan Sikap Tak Haram di Luar Pemerintahan meski Visi Sama dengan Prabowo

Dia menyampaikan bahwa SDM yang akan mengisi Angkatan Siber tersebut juga akan berpengaruh terhadap keamanan. Menurutnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), serta Kementerian Pertahanan (Kemenhan) perlu duduk bersama untuk membahas hal tersebut.

“Nanti bagaimana mungkin, apa perlu dibagi tugasnya, siapa yang bertanggung jawab,” kata dia.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengakui pihaknya telah menerima perintah dari Presiden Joko Widodo untuk membentuk Angkatan Siber sebagai matra keempat di institusi TNI.

Ilustrasi serangan siber.

“Saya sudah diperintahkan Pak Presiden, kemarin juga di MPR waktu pidato, untuk membuat TNI Angkatan Siber,” kata Agus setelah menghadiri rapat kerja bersama Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (3/9).

Satuan siber tersebut menurutnya akan berbeda dengan satuan-satuan lain di TNI karena akan lebih banyak diisi oleh personel sipil. Nantinya, kata dia, proses rekrutmen untuk satuan tersebut akan lebih memprioritaskan keahliannya. (ant)

KSAU Marsekal Tonny Tak Masalah Angkatan Siber TNI Diisi Sipil, Asal Profesional

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Tonny Harjono tak masalah jika nantinya Angkatan Siber TNI diisi juga oleh personel dari sipil untuk tujuan profesional

VIVA.co.id

11 September 2024

Source link

Exit mobile version