update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas

Toyota’s All New Prius Hybrid Cars Consuming 29 KM per Liter of Fuel

PT Toyota Astra Motor (TAM) mengadakan Toyota Eco Journey selama 3 hari untuk menguji semua mobil hybrid terbaru mereka yang saat ini dijual dengan rute Jakarta-Cirebon-Semarang-Solo-Yogyakarta.

“Agar dapat memberikan informasi yang lebih komprehensif tentang mobil hybrid EV Toyota, serta membuktikan keandalannya di berbagai kondisi jalan,” kata Marketing Direktur PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, dikutip pada Kamis, 29 Agustus 2024.

Ada 12 unit mobil HEV (Hybrid Electric Vehicle), terdiri dari 4 unit Yaris Cross HEV, 3 unit Innova Zenix Q HEV, 1 unit Innova Zenix V HEV, 1 unit All New Alphard HEV, 1 unit All New Vellfire HEV, dan 1 unit All New Prius HEV.
Selain itu, ada 1 unit All New RAV4 GR Sport PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle). Bagaimana hasil konsumsi dari semua mobil hybrid baru Toyota?

Pada hari pertama, kami menggunakan Kijang Innova Zenix HEV untuk perjalanan dari Cilandak, Jakarta Selatan menuju Cirebon. Mobil tersebut diisi dengan 4 penumpang dengan bobot rata-rata 75-80 kilogram.
Perjalanan melalui jalanan kota yang macet, atau stop and go, serta lancar saat melalui Tol, dan perjalanan tahap pertama berakhir di Kampung Kecil, Cirebon, dengan jarak tempuh 215,8 kilometer.
Kami tidak menerapkan gaya mengemudi hemat bahan bakar, kecepatan diatur sesuai keinginan tergantung kondisi jalan, dan hasil konsumsi bahan bakar kombinasi mesin bensin 2.000cc dan motor listrik tersebut mencapai 16,9 km per liter, sementara mobil lain mencatat 19,5 km per liter.

Perjalanan dilanjutkan menuju Hotel Padma, Semarang dengan mobil yang berbeda. Kali ini kami mendapatkan Yaris Cross HEV. Mengingat fokusnya pada performa, kami memaksimalkan penggunaan gas.
Yaris Cross HEV, dengan mesin bensin 2NR-VEX berkapasitas 1.500cc, responsif dari putaran bawah. Tenaga dari mesin pembakarannya adalah 89,8 dk dan torsi 121 Nm.
Sementara motor listrik yang menggerakkan roda depan dalam kondisi tertentu memiliki tenaga 59 kW dan torsi 141 Nm. Kombinasi ini membuat SUV kompak ini lincah di jalanan perkotaan.

Perjalanan kami melalui dalam kota dengan total jarak tempuh 65 km, dan hasil konsumsi bahan bakar Yaris Cross HEV tercatat 15,5 km per liter. Namun ada juga tim lain yang mencatat 23,8 km per liter.

Hari kedua, kami mencoba All New Vellfire setelah perjalanan dari Semarang ke Solo menggunakan Innova Zenix HEV.
Perjalanan dimulai dari Resto Mangkunegaran Solo, Surakarta menuju Hotel Tentrem, Yogyakarta. Kami merasakan menjadi penumpang VIP, dengan konfigurasi kursi kapten.
Namun kami merasa suspensi Vellfire agak keras ketika melintasi jalan yang tidak rata. Mungkin karena beberapa perubahan yang dilakukan mulai dari sasis hingga sektor suspensinya.
Vellfire, yang dikembangkan dari Alphard generasi keempat menggunakan platform Toyota New Global Architecture, atau TNGA GA-K, dengan perubahan pada suspensi membuatnya lebih kokoh dari generasi sebelumnya. Suspensi depan menggunakan MacPherson strut dan double wishbone.

Perjalanan kami menggunakan MPV mewah tersebut melalui dalam kota dengan jarak tempuh 65 km, dan hasil konsumsi bahan bakar yang dicatat adalah 11,1 km per liter, sementara tim lain menggunakan Alphard mencatat 15 km per liter dengan gaya mengemudi hemat bahan bakar.

Terakhir, kami mencoba All New Prius, namun perjalanan singkat kami tidak memungkinkan untuk mengukur efisiensi hatchback tersebut.

Kemudian, tim dari media lain yang mencoba Prius HEV generasi baru dari Jakarta-Cirebon berhasil mencatat 29,4 km per liter dengan gaya mengemudi yang efisien, mengatur kecepatan dengan teratur.

Inilah hasil uji coba Toyota Eco Journey dari PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk menguji mobil hybrid terbaru mereka di berbagai kondisi jalan dan rute perjalanan yang beragam.

Source link

Exit mobile version