update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

PMI Cilacap Berikan Pembekalan PP kepada Pembina PMR untuk Siaga Hadapi Kasus Kecelakaan di Sekolah

Sejumlah Pembina Palang Merah Remaja (PMR) saat praktek memberikan pertolongan saat kegiatan pembekalan PP yang digelar Palang Merah Indonesia (PMI) Cilacap. (Foto: istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap memberikan pembekalan tentang pertolongan pertama (PP) kepada Pembina Palang Merah Remaja (PMR) se-Kabupaten Cilacap.

Pembekalan dilakukan selama tiga hari, dimulai tanggal 2-4 Juli 2024, diikuti puluhan Pembina PMR perwakilan 24 PMI Kecamatan termasuk Pembina PMR Mula tingkat SD/MI, PMR Madra tingkat SMP/MTS, dan Pembina PMR Wira tingkat SMA/SMK/MA.

Staf Markas PMI Kabupaten Cilacap R. Endro Teguh Kusumo menyatakan bahwa pembekalan pertolongan pertama ini sangat penting untuk kesiapsiagaan petugas PMR menghadapi kasus kecelakaan di sekolah.

Selain itu, PMR merupakan relawan penting bagi PMI karena berperan sebagai perpanjangan tangan PMI di sekolah. Tujuan dari pembekalan ini adalah untuk melatih para Pembina PMR agar dapat menularkan pengetahuan PP kepada adik-adik PMR di sekolah masing-masing.

Materi pertolongan pertama yang diberikan masih sederhana, namun disesuaikan dengan tingkatannya, mulai dari penanganan kasus kecil hingga kasus kompleks. Pembina PMR yang telah dilatih akan ditugaskan sebagai fasilitator di tingkat Kecamatan masing-masing.

Kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilakukan di daerah tersebut, sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah fasilitator di bidang PP. Melalui pembekalan ini diharapkan ilmu pertolongan pertama dapat tersebar luas di masyarakat dan dapat memberikan penanganan yang baik dan tepat dalam kasus kecelakaan.

Diharapkan bahwa dengan adanya pembekalan PP ini, teknik pertolongan yang dilakukan nantinya dapat mengurangi risiko kesalahan prosedur yang dapat memperparah kondisi korban dalam kasus kecelakaan.

Exit mobile version