update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Cara Mandi Wajib yang Benar sesuai dengan Niat

Mandi Wajib sebagai salah satu kewajiban seorang muslim untuk membersihkan diri dari hadas besar. Mandi wajib tidak bisa dilakukan sembarangan, ada tata cara sesuai sunnah untuk melakukannya. Mandi wajib adalah aturan yang harus dilakukan jika terjadi beberapa hal, di antaranya keluar air mani, bertemunya dua kemaluan walau tidak keluar air mani, dan berhentinya darah haid dan nifas. Mandi wajib didefinisikan dengan membasuhkan air ke seluruh badan dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadas besar. Hadas kecil dapat disucikan dengan berwudhu, sementara hadas besar wajib melakukan mandi wajib. Tujuan mandi wajib ini untuk membersihkan diri dari hadas kecil maupun hadas besar.

Jika tidak melakukan mandi wajib ini, tubuh dianggap masih najis dan belum bisa melakukan kewajiban ibadah seorang muslim. Ada beberapa tata cara mandi wajib yang baik dan benar, di antaranya:

1. Niat dan Doa Mandi Wajib
Ada beberapa bacaan niat mandi wajib sesuai dengan tujuan melakukannya, di antaranya:
a. Niat dan Doa Secara Umum
Niat dan doa ini dapat dilakukan oleh laki-laki dan perempuan yang dapat menghilangkan hadas besar.
b. Niat dan Doa Setelah Haid
Haid atau menstruasi ini terjadi pada seorang wanita yang telah dewasa. Pada wanita dewasa, hal ini normal terjadi setiap bulannya hingga menopause. Selama haid, wanita dilarang melaksanakan sholat dan puasa. Melakukan mandi wajib dapat dilakukan ketika masa haid telah berakhir agar kembali dapat beribadah.
c. Niat dan Doa Setelah Nifas
Nifas adalah keluarnya darah dari rahim wanita karena melahirkan atau setelah melahirkan. Darah nifas akan keluar kurang lebih selama 40 hari. Selama masa nifas, seorang wanita dilarang untuk sholat dan puasa.

2. Mencuci Kedua Tangan
Cuci tangan sampai 3 kali, hal ini bertujuan agar tangan bersih dari najis.

3. Membersihkan Bagian Tubuh yang Dianggap kotor
Bagian tubuh yang dianggap kotor adalah bagian di sekitar kemaluan.

4. Mencuci Kembali Tangan
Setelah membersihkan bagian yang kotor. Hal ini dapat dilakukan dengan membersihkan tangan dengan menggunakan sabun.

5. Berwudhu
Lakukan tata cara wudhu seperti biasa dilakukan sebelum melakukan sholat.

6. Membasahi Kepala
Basahi atau siram kepala dengan air sebanyak 3 kali hingga ke pangkal rambut.

7. Memisah-misah Rambut
Memisah-misah rambut dengan cara menyela-nyela rambut menggunakan jari-jari tangan. Memisah-misah rambut wajib untuk dilakukan laki-laki dan sunah (mandub) bagi wanita.

8. Membasahi Seluruh Tubuh
Mengguyur air ke seluruh badan dimulai dari sisi kanan dan dilanjutkan dengan sisi kiri.

Demikian tata cara untuk mandi wajib yang dapat dilakukan. Melakukannya dengan benar, maka akan membersihkan diri dari hadas besar. Ibadah yang dilakukan juga dapat diterima oleh Allah SWT.

Exit mobile version