update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Menjelang Ramadan, Harga Kebutuhan Dapur di Pasar Legi Jombang Semakin Naik TInggi

Berita
Jelang Ramadan, Harga Kebutuhan Dapur di Pasar Legi Jombang Kian Melangit

Pedagang sayur Rahayu di Pasar Legi Jombang saat menunjukkan cabai besar yang mengalami kenaikan jelang Ramadan, Rabu (28/02/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Jelang Ramadan, harga cabai besar di Pasar Legi Jombang, Jawa Timur, semakin ‘pedas’. Jika sebelumnya harganya sekitar Rp 60 ribu per kilogram, sekarang mencapai Rp 90 ribu, Rabu (28/02/2024).

Pantauan di Pasar Legi Jombang, tidak hanya cabai besar yang naik, daging ayam juga mengalami kenaikan. Dari harga Rp 33 ribu per kilogram, sekarang menjadi Rp 35 ribu.

Rahayu, salah satu pedagang di pasar setempat mengatakan, menjelang puasa tahun ini ada kenaikan harga untuk beberapa komoditas makanan dan bumbu dapur. Salah satunya adalah cabai besar.

“Selain cabai besar, harga bawang merah juga naik menjadi Rp 25 ribu dari sebelumnya Rp 20 ribu. Dan harga telur juga naik sekarang menjadi Rp 29 ribu,” katanya.

Menurutnya, kenaikan harga ini disebabkan oleh cuaca dan gagal panen petani, sehingga pasokan menurun yang mengakibatkan harga melonjak.

“Tidak ada keluhan dari pembeli. Yang biasanya banyak beli sekarang berkurang. Jika sebelumnya membeli satu kilo sekarang setengahnya,” kata Rahayu.

Meskipun demikian, tidak semua komoditas hortikultura naik. Ada juga yang turun. Misalnya harga tomat, cabai merah keriting, dan cabai rawit.

“Harga cabai rawit turun dari Rp 85 ribu per kilogram menjadi Rp 55 ribu. Termasuk juga harga tomat dari Rp 24 ribu per kilogram menjadi Rp 15 ribu per kilogram,” tambahnya.

Ika, salah satu konsumen di Pasar Legi Jombang mengatakan, untuk mengatasi kenaikan sejumlah harga kebutuhan dapur tersebut, ia mengurangi jumlah pembelian. Jika biasanya membeli satu kilo sekarang setengahnya, karena dibagi dengan barang belanja kebutuhan lainnya.

“Semua harga naik, jadi harus pintar mengatur keuangan agar semua kebutuhan dapur terpenuhi,” tambahnya. (*)

»Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Reporter : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Exit mobile version