update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

KPU Jombang Menyediakan Dua TPS Khusus di Lapas untuk Fasilitasi Warga Binaan Menggunakan Hak Pilih

KPU Jombang, Jawa Timur, akan menyiapkan 13 TPS khusus untuk Pemilu 2024 mendatang. Selain di pondok pesantren, TPS khusus juga akan berada di Lapas Kelas IIB Jombang. Di lembaga pemasyarakatan ini, KPU akan menyiapkan dua TPS.

Ketua KPU Jombang, Abdul Wadud Burhan Abadi menjelaskan bahwa TPS khusus ini dibentuk untuk memfasilitasi pemilih yang pada hari pemungutan tidak dapat menggunakan hak pilihnya di tempat dia terdaftar sebagai pemilih.

“Seperti warga binaan. Sebenarnya mereka sudah terdaftar di tempatnya masing-masing. Namun, karena kondisi khusus itu, maka mereka bisa menggunakan hak pilihnya di TPS lokasi khusus, atau pemilih pindah pilih,” jelasnya, usai menggelar kegiatan simulasi pemungutan suara di kantor KPU setempat, kemarin.

Belasan TPS di lokasi khusus itu merupakan bagian dari 3.858 TPS yang tersebar di seluruh Kabupaten Jombang. Sejauh ini, pihak KPU telah melakukan simulasi yang diikuti oleh penyelenggara tingkat kecamatan.

“Tujuan simulasi ini adalah memberikan gambaran, baik kepada penyelenggara pemilu maupun masyarakat, tentang pemungutan dan penghitungan suara pada pemilu yang dilaksanakan pada 14 Februari 2024,” paparnya.

Artikel ini diterbitkan oleh SUARA INDONESIA. Ayo dapatkan berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta: Gono Dwi Santoso
Editor: Mahrus Sholih

Exit mobile version