update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Polres Bondowoso Mengamankan Kiai Palsu yang Tipu Korban Puluhan Juta dengan Modus Gandakan Uang

Polres Bondowoso Menangkap Kiai Palsu, Tipu Korban Puluhan Juta dengan Modus Menggandakan Uang

SUARA INDONESIA, BONDOWOSO- Polres Bondowoso berhasil mengungkap kasus penipuan yang dilakukan oleh seorang kiai palsu yang mengaku bisa menggandakan uang. Pelaku, yang mengenakan pakaian dan aksesoris khas kiai, berhasil menipu korban dengan jumlah uang mencapai puluhan juta rupiah.

Kiai gadungan ini adalah seorang pria berinisial H (45) yang berasal dari Desa Jebung Kidul, Kecamatan Tlogosari, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

KBO Satreskrim Polres Bondowoso, Ipda Nurdin mengatakan bahwa tersangka mengaku bisa mengubah uang pecahan Rp 2.000 menjadi Rp 100 ribu. Dengan percaya diri, korban langsung menyiapkan uang sebanyak Rp 40 juta dalam pecahan Rp 2.000.

Tersangka kemudian menyuruh korban untuk memasukkan uang tersebut ke dalam dua koper besar sebagai syarat dan ritual tertentu agar uang pecahan Rp 2.000 bisa berubah menjadi pecahan Rp 100 ribu.

Awalnya, korban mengetahui kemampuan tersangka dari seorang temannya dan akhirnya memutuskan untuk datang menemui tersangka dengan harapan mendapatkan uang yang lebih banyak. Namun, tersangka juga meminta korban untuk menyediakan tongkol jagung yang memiliki baris bulir berjumlah 11 baris sebagai syarat dalam proses penggandaan uang.

Dalam prosesnya, korban harus membayar sejumlah uang sebagai mahar untuk mendapatkan uang yang digandakan. Namun, setelah beberapa waktu, tersangka tidak dapat memenuhi janjinya dan korban mengalami kerugian hingga Rp 46 juta.

Dengan laporan yang diterima, Satreskrim Polres Bondowoso berhasil menangkap tersangka di rumahnya pada 25 September 2023. Tersangka akan dijerat dengan Pasal 378 subsider Pasal 372 KUHP dan terancam hukuman empat tahun penjara.

Artikel ini disarikan dari berita asli yang bisa dilihat di Google News SUARA INDONESIA pada link https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMLiemwsw_KizAw?hl=en-ID&gl=ID&ceid=ID%3Aen.

Pewarta : Bahrullah
Editor : Mahrus Sholih

Exit mobile version