update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Penetapan DCT, KPU Jombang Menghapus Tiga Bacaleg

KPU Jombang menghapus tiga kandidat calon anggota legislatif (bacaleg) dari Daftar Calon Tetap (DCT) menjelang penetapannya pada tanggal 4 November 2023. Pemotongan ini menyebabkan jumlah daftar calon sementara (DCS) berkurang dari 549 menjadi 546 orang.

As’ad Choirudin dari Divisi Teknis Penyelenggara KPU Jombang menjelaskan bahwa ratusan bacaleg ini ditetapkan berdasarkan PKPU Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD, dan DPRD Kabupaten Kota. Selama masa evaluasi DCT pada tanggal 24 September hingga 3 Oktober, partai politik diperbolehkan untuk memperbarui daftar bacaleg mereka, termasuk mengganti dan memindahkan mereka ke daerah pemilih lain.

As’ad menjelaskan bahwa ketiga bacaleg yang dihapus berasal dari dua partai politik, yaitu Partai Demokrat yang mengurangi dua bacaleg dan PBB yang mengurangi satu bacaleg. Faktor pengurangan ini merupakan keputusan dari masing-masing partai politik.

Dalam hasil verifikasi administrasi, 546 bacaleg telah memenuhi syarat (MS) dan akan ditetapkan sebagai DCT. Dari jumlah tersebut, terdapat 311 laki-laki dan 235 perempuan. Penetapan DCT akan diumumkan pada tanggal 4 November.

As’ad menambahkan bahwa KPU memiliki wewenang penuh dalam penetapan DCT, dan partai politik tidak dapat lagi mengubah atau mengurangi bacaleg yang telah diserahkan kepada KPU Jombang. Proses penyusunan penetapan DCT sedang dilakukan dan tidak ada kesempatan bagi partai politik untuk melakukan perubahan lagi.

Sumber: Suara Indonesia

Exit mobile version