update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Pengalaman Manusia Pasca Kiamat

Setelah dunia hancur dan semua yang bernyawa dimatikan maka yang akan terjadi pada manusia adalah dibangkitkan dari kuburnya. Sebagai orang yang beriman, umat Islam wajib meyakini adanya hari kebangkitan setelah kematian.

Kebangkitan manusia dari alam kubur merupakan fase kehidupan akhirat setelah terjadinya kiamat kubra yang ditandai dengan hancurnya seluruh alam semesta. Peristiwa ini terjadi tepatnya setelah sangkakala ditiup untuk kedua kalinya oleh Malaikat Israfil, seperti dikutip dalam buku Jalan ke Hadirat Allah karya Syamsul Rijal Hamid.

Lantas, apa yang terjadi pada manusia setelah dunia hancur di hari kiamat? Berikut ini penjelasannya.

Peristiwa yang Terjadi pada Manusia setelah Dunia Hancur

Dilansir dari buku Pesona Surah Yasin karya Drs. M. Said & M. Human, setelah terjadinya kiamat kubra, manusia akan melalui fase kebangkitan atau Yaumul Ba’ats. Selanjutnya, mereka akan digiring ke Padang Mahsyar lalu tiap-tiap manusia akan menghadapi perhitungan di hadapan Allah SWT atas segala amal perbuatannya.

Tentang adanya hari kebangkitan manusia atau Yaumul Ba’ats, Allah SWT telah memberitahukan melalui firman-Nya. Dalam Al-Qur’an surah Yasin ayat 51-54, Allah SWT berfirman:

وَنُفِخَ فِى ٱلصُّورِ فَإِذَا هُم مِّنَ ٱلْأَجْدَاثِ إِلَىٰ رَبِّهِمْ يَنسِلُونَ. قَالُوا۟ يَٰوَيْلَنَا مَنۢ بَعَثَنَا مِّن مَّرْقَدِنَا ۜ ۗ هَٰذَا مَا وَعَعَ ٱلرَّحْمَٰنُ وَصَدَقَ ٱلْمُرْسَلُونَ. إِن كَانَتْ إِلَّا صَيْحَةً وَٰحِدَةً فَإِذَا هُمْ جَمِيعٌ لَّدَيْنَا مُحْضَرُونَ. فَٱلْيَمَْ لَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْـًٔٔا وَلَا تُجْزَوْنَ إِلَّا مَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

Artinya: “Sangkakala pun ditiup (yang kedua kalinya untuk membangkitkan orang-orang dari kubur) dan seketika itu mereka bergerak cepat dari kuburnya menuju kepada Tuhannya. Mereka berkata, ‘Celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat tidur kami (kubur)?’ (Lalu, dikatakan kepada mereka,) ‘Inilah yang dijanjikan (Allah) Yang Maha Pengasih dan benarlah para rasul-Nya.’ Teriakan itu hanya sekali saja, maka seketika itu mereka semua dihadapkan kepada Kami (untuk dihisab). Pada hari itu, tidak ada sama sekali orang yang dirugikan sedikitpun. Kami tidak akan diberi balasan, kecuali atas apa yang telah kamu kerjakan.”

Dalam ayat lain dijelaskan, Allah SWT akan menghisab seluruh amal perbuatan manusia selama hidup di dunia. Dia berfirman dalam surah Al Mu’minun ayat 102-104,

فَمَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِيْنُهٗ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ ١٠٢ وَمَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهٗ فَاُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ خَسِرُوْٓا اَنْفُسَهُمْ فِيْ جَهَنَّمَ خٰلِدُوْنَ ۚ ١٠٣ تَلْفَحُ وُجُوْهَهُمُ النَّارُ وَهُمْ فِيْهَا كٰلِحُوْ

Exit mobile version