update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Doa Mengobati Sakit Gigi Menurut Ajaran Islam untuk Kesembuhan yang Cepat

Jakarta, CNBC Indonesia – Doa adalah bagian penting dari upaya penyembuhan sakit gigi. Sebagai umat Muslim, kita diajarkan untuk selalu berusaha dan berdoa kepada Allah SWT dalam segala hal, termasuk dalam proses penyembuhan penyakit.

Raghib As-Sirjani dalam bukunya yang berjudul “Ihya 345 Sunnah Nabawiyah” menjelaskan bahwa keyakinan seorang Muslim dalam doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT untuk kesembuhan penyakitnya akan mendapatkan respons dari-Nya. Ini adalah bentuk tawakkal (kepercayaan sepenuhnya kepada Allah) dalam menghadapi penyakit.

Seperti perkataan Nabi Ibrahim AS yang terdapat dalam Surat Asy-Syuara ayat 80, “Dan jika aku sakit maka Dialah yang menyembuhkanku.” Rasulullah SAW juga mendorong umat Islam untuk berdoa ketika sakit dan meminta kesembuhan. Beliau melakukannya karena pemahaman bahwa segala penyakit datang dari Allah SWT, dan kita harus percaya bahwa Allah juga yang akan menyembuhkannya.

Oleh karena itu, selain menjalani perawatan medis yang sesuai dan mengikuti nasihat dokter gigi, berdoa kepada Allah SWT adalah salah satu cara untuk menunjukkan ketergantungan dan kepercayaan kita kepada-Nya dalam proses penyembuhan.

Syekh As-Sirjani menjelaskan kembali, “Karena obat tidak dapat merealisasikan kesembuhan tanpa izin Allah. Dan doa yang diajarkan beliau (Rasulullah SAW) kepada kita adalah salah satu cara dan beragam cara untuk memperoleh kesembuhan.”

Mengutip dari buku Doa-Doa Terbaik Sepanjang Masa karya Ahmad Zacky El-Syafa dan Kitab Doa Mustajab Terlengkap oleh Amrin Ali Al-Kasyaf, berikut ini adalah doa sakit gigi dalam Islam sesuai ajaran Rasulullah SAW:

1. Doa Sakit Gigi agar Cepat Sembuh
“Allahumma adzhib ‘anhu suu-a maa yajidu wa fahsyahu bida’wati nabiyyikal makiinil mubaaraka ‘indaka” yang artinya “Ya Allah, hilangkanlah darinya keburukan dan kesulitan yang dirasakannya dengan permohonan dari Nabi-Mu yang memiliki pengaruh dan diberkati di sisi-Mu.”

2. Doa Sakit Gigi Berlubang
“Bismillahi wabillahi as-aluka bi’izzatika wajalaalika waqudratika ‘alaa kulli syai-in fainna maryama lam talid ghaira ‘iisaa min ruuhika wakalimatika an taksyifa maa talqaa faathimata binta khadiiijata minadhdhurri kullihi” yang artinya “Dengan nama Allah, demi Allah aku memohon dengan kemuliaan-Mu dan keagungan-Mu dan kekuasaan-Mu atas segala sesuatu. Sesungguhnya Maryam tidak melahirkan selain Isa yang berasal dari roh-Mu dan firman-Mu, aku memohon agar Engkau menghilangkan segala rasa sakit yang dialami Fatimah binti Khadijah.”

3. Doa Sakit Gigi Mustajab
“Bismillahi wasy syaafillaahu wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil adzhiim” yang artinya “Dengan menyebut nama Allah. Adapun Dzat yang Menyembuhkan hanyalah Allah. Tidak ada daya upaya dan kekuatan, kecuali dengan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.”

Demikianlah bacaan doa lengkap untuk menyembuhkan sakit gigi sesuai dengan sunnah Nabi SAW beserta tulisan Arab, latin, dan artinya.

Exit mobile version