update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas

Apakah Jurus Ridwan Kamil Efektif dalam Mengatasi Pinjol di Jakarta?

Minggu, 22 September 2024 – 18:05 WIB

Jakarta, VIVA – Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil atau RK memiliki program pinjaman tanpa agunan atau Kredit Mesra untuk mencegah masyarakat terjerat hutang pinjaman online (pinjol). Program ini akan dilaksanakan jika RK dan Suswono terpilih sebagai Gubernur Jakarta periode 2024-2029.

“Tujuannya adalah agar mereka tidak terlilit pinjol karena diatur oleh pemerintah. Jika diserahkan kepada pasar, mereka akan menjadi korban pinjol. Untuk melawan pinjol, pemerintah mengorganisir cara-cara pinjaman yang dapat dikendalikan dengan baik oleh peraturan pemerintah,” kata Ridwan Kamil kepada wartawan di Cililitan, Jakarta Timur, pada Minggu, 22 September 2024.

Ridwan Kamil mengatakan program Kredit Mesra telah sukses dilaksanakan di Jawa Barat ketika ia menjabat sebagai gubernur di sana. Oleh karena itu, ia yakin program tersebut tidak akan menimbulkan kendala besar di Jakarta.

“Sudah saya buktikan, bukan gagasan baru, silahkan googling tentang Kredit Mesra Jawa Barat,” kata Ridwan Kamil.

Program Kredit Mesra yang dijalankan oleh RK ditujukan untuk masyarakat yang terkena PHK dan kesulitan ekonomi lainnya. Nantinya, masyarakat dapat meminjam uang tanpa agunan dari pemerintah, dengan syarat ada lima orang yang menjadi penjaminnya.

Selain menawarkan program Kredit Mesra, RK juga menjanjikan pemberian dana sebesar Rp200 juta per RT/RW di Jakarta. Dana tersebut nantinya dapat digunakan masyarakat untuk mengadakan acara atau membeli kebutuhan untuk lingkungan mereka.

RK menyatakan bahwa pihaknya sudah memiliki skema kontrol agar tidak ada penyalahgunaan dana tersebut.

“Itu (mekanisme kontrolnya) sangat teknis, kalau bisa tidak dijelaskan sekarang karena ada sekitar 70 program. Jika diuraikan secara teknis, kita tidak akan selesai sampai subuh. Tapi intinya, pada masa kami, RW diberdayakan, warga boleh merancang masa depan mereka sendiri, tidak semua harus campur tangan, gubernur hanya menangani RW-nya saja,” ujar dia.

Source link

Exit mobile version