update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas

Selama Ini Hanya Berayun Seperti ‘Digantung’

Selama Ini Hanya Berayun Seperti ‘Digantung’

Rabu, 4 September 2024 – 05:48 WIB

Jakarta, VIVA – Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengisyaratkan kemungkinan membentuk partai politik baru untuk menampung aspirasi pendukungnya. Jika membentuk partai politik, Anies dapat mendapatkan dukungan dari pengamat politik Rocky Gerung.

Baca Juga :

Bobby Nasution: Hubungannya Penangkapan Zahir dengan Saya Apa?

Menurut Rocky, antusiasme pendukung Anies harus diwadahi dalam perlembagaan. Menurutnya, dalam politik harus diucapkan dengan cara yang formal.

“Cara formal itu dapat diwujudkan melalui partai politik,” kata Rocky dalam akun YouTube Rocky Gerung Official yang dikutip pada Rabu, 4 September 2024.

Baca Juga :

Raja Juli: Kaesang Sudah Ngantor ke DPP PSI Tandatangani Berkas Rekomendasi

Rocky menyatakan bahwa dengan partai politik atau organisasi masyarakat, Anies dapat menampung jumlah aspirasi yang berlebihan sejak Pemilihan Presiden 2024. Dengan adanya partai politik, ada keabsahan dalam berpolitik.

“Tidak perlu menunggu momen bahwa nanti menunggu pemilihan berikutnya. Anies harus menyiapkan infrastruktur politiknya sekarang,” ujar Rocky.

Baca Juga :

Jika Terpilih, Pramono-Rano Bakal Naikkan Operasional RT-RW 2 Kali Lipat

Menurut Rocky, Anies sudah memiliki kemampuan berpikir sehingga dapat didukung oleh legitimasi partai politik.

“Anies memiliki ‘software’ yang lengkap, yaitu kemampuan akademis, ketajaman intuisi, dan dukungan legitimasi lainnya,” lanjut Rocky.

Pengamat politik Rocky Gerung

Rocky setuju dengan pendapat Anies bahwa legitimasi memerlukan institusi. “Institusi bukanlah yang menghasilkan legitimasi. Tidak,” jelas Rocky.

Selain itu, dia menambahkan bahwa jika Anies ingin membangun kekuatan politik melalui partisipasi institusi, maka harus melalui partai politik. Dengan adanya partai politik, dukungan dapat ditujukan kepadanya.

Terlebih lagi, Anies masih terkait dengan Pemilihan Presiden 2029. Menurut Rocky, membentuk partai politik adalah cara yang baik untuk memanfaatkan dukungan yang berlebihan.

“Itu adalah cara yang bagus, cara yang baik untuk memanfaatkan surplus dukungan atau potensi dukungan dengan menampungnya dalam partai politik. Dan, itu memungkinkan 5 tahun ke depan,” lanjut Rocky.

Selanjutnya, ia menambahkan bahwa dengan membangun partai politik, Anies dapat memulai dari awal.

“Melihat Anies memang merintis dari awal karena akarnya cukup kuat,” ujarnya.

Dia menyatakan bahwa posisi Anies dalam politik selama ini terkesan tergantung pada elit partai politik. “Selama ini Anies terkesan seperti digantung sehingga kakinya tidak mencapai tanah sehingga pemikirannya berada di wilayah elit,” jelas Rocky.

Jika benar-benar mendirikan partai politik, kapan waktu yang tepat untuk Anies mendeklarasikan ? Menurut Rocky, deklarasi adalah bagian dari kesiapan teknis.

Namun, ia menyarankan Anies untuk mendeklarasikan pada tanggal 20 Oktober 2024 saat pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden RI terpilih.

“Akan terasa dramatis jika pada saat Prabowo dilantik, pada hari ketika Pak Jokowi berhenti sebagai Presiden pada 20 Oktober. Pada hari bersejarah tersebut, Anies juga dideklarasikan partai politiknya,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya

Sumber : Dok. PKS

Source link

Exit mobile version