update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas

Pentingnya Memperhatikan Pilihan Oli Mesin Kendaraan Selama Waktu Penggantian

Sabtu, 24 Agustus 2024 – 15:08 WIB

Jakarta, VIVA – Salah satu cara merawat kendaraan baik mobil maupun motor adalah dengan menjaga kondisi oli mesin. Mengganti oli sendiri tidak boleh dilakukan sembarangan karena harus mempertimbangkan banyak faktor, termasuk jenis oli yang digunakan.

Jika terlambat atau bahkan tidak melakukan pergantian oli, dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin kendaraan. Fungsi oli sebagai pelumas melindungi mesin dari gesekan, melapisi komponen mesin, membersihkan sisa hasil pembakaran, meredam panas mesin, dan mencegah korosi pada komponen.

Imran Razy, selaku General Manager PT Nippon Oil Indonesia yang merupakan produsen dan pemasar oli Eneos di Indonesia, menyatakan bahwa oli sangat berperan dalam kinerja dan performa kendaraan.

Perihal waktu penggantian oli, disarankan untuk dilakukan setiap 5.000 – 10.000 Km untuk mobil dan tergantung pemakaian untuk motor, biasanya antara 3.000 – 4.000 Km. Selain rutin mengganti oli, pemilihan kualitas dan spesifikasi oli juga sangat penting. Memilih oli dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan jenis kendaraan dapat mencegah kerusakan pada mesin.

Untuk memilih oli yang tepat, perlu disesuaikan dengan tingkat kekentalan oli yang direkomendasikan dalam buku manual kendaraan. Kendaraan baru umumnya membutuhkan oli dengan tingkat kekentalan yang lebih cair seperti 0W-20 atau 5W-30, sedangkan kendaraan tua membutuhkan oli dengan tingkat kekentalan yang lebih tinggi seperti 20W-50, 10W-40, dan lainnya. Eneos sebagai merek oli terkemuka di Jepang menyediakan berbagai jenis pelumas berkualitas tinggi untuk mobil dan motor.

Di tahun ini, ENEOS juga merilis produk oli mobil terbarunya, yaitu ENEOS X Series yang diperkaya dengan New Additive Titanium. Teknologi aditif Titanium ini pertama kali hadir di Indonesia dan terbukti mampu memberikan perlindungan hingga ke komponen terkecil pada mesin, mengurangi getaran mesin, dan meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

Imran Razy menegaskan bahwa oli ENEOS diproduksi dengan teknologi tinggi menggunakan bahan dasar dan aditif terbaik untuk memastikan performa terbaik pada kendaraan.

Source link