update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Warga Mengeluhkan Kegiatan Galian C yang Beroperasi Dekat Permukiman

Warga Keluhkan Aktivitas Galian C yang Beroperasi Tak Jauh dari Permukiman

Warga Desa Huta Godang, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut), mengeluhkan aktivitas tambang galian C yang beroperasi di pinggiran Sungai Aek Garoga, desa setempat.

Aktivitas tersebut membuat masyarakat khawatir dengan rusaknya sejumlah bangunan desa, termasuk bronjong penahan tanah permukiman warga, lahan kebun sawit, dan sawah milik warga yang berada di sekitar lokasi galian C. Selain itu, fondasi jembatan Rambin sebagai penyeberangan penghubung antarkabupaten juga terancam ambruk karena lokasi tambang yang beroperasi puluhan tahun berada di hilir jembatan.

Warga setempat, DS (49), menyatakan kekhawatirannya terhadap dampak negatif aktivitas tambang galian C tersebut terhadap lingkungan sekitar. Ia menunjukkan bahwa beberapa bangunan bronjong penahan tanah sudah rusak akibat aktivitas tambang tersebut, yang beroperasi setiap hari. Lahan kebun sawit di pinggir sungai juga banyak yang longsor karena aktivitas galian C.

“E Tobing, pemilik galian C tersebut, belum memberikan tanggapan atas keluhan warga. Media telah mencoba mengonfirmasi melalui WhatsApp namun belum ada respons dari pihak tersebut.”

Sumber: Suara Indonesia

Pewarta: Lamhot Naibaho

Editor: Mahrus Sholih

Source link