update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Waktu Tunggu Haji RI Mencapai 11-47 Tahun Sedangkan Daftarnya Sangat Panjang

Calon Jamaah haji di Indonesia harus bersabar menunggu antrean hingga puluhan tahun. Berdasarkan data terbaru, daftar tunggu haji atau waiting list haji Indonesia jika mendaftar tahun 2023 ini diperkirakan akan diberangkatkan antara 11 tahun sampai 47 tahun.

Daftar tunggu haji ini berbeda-beda tergantung daerah tempat calon haji mendaftar. Ada 24 provinsi yang dihitung berdasarkan kuota provinsi. Di luar itu, terdapat 128 kota/kabupaten yang tidak menggunakan kuota provinsi, melainkan kuota kota/kabupaten.

Faktor yang mempengaruhi lamanya waktu tunggu keberangkatan antara lain jumlah pendaftar dan kuota tiap provinsi atau kota/kabupaten. Semakin banyak pendaftar, maka akan semakin lama waktu tunggunya.

Saat ini, daerah dengan waktu tunggu paling singkat adalah Kabupaten Maluku Barat Daya dengan lama 11 tahun. Sedangkan waktu tunggu terlama adalah Kabupaten Bantaeng dengan lama 47 tahun.

Atau bisa juga ada pengaruh kebijakan pemerintah, baik dari RI maupun Arab Saudi yang mengurangi kuota. Misalnya seperti saat pandemi COVID-19 yang dilakukan pembatasan. Kebijakan seperti ini juga bisa memperlama waktu tunggu keberangkatan haji.

Cara cek daftar tunggu haji dapat dilakukan dengan membuka website Kemenag di haji.kemenag.go.id, kemudian pilih menu ‘Basis Data’, lalu pilih ‘Waiting List’. Atau kamu bisa langsung klik https://haji.kemenag.go.id/v4/waiting-list untuk masuk ke menu daftar tunggu haji.

Setelah itu akan muncul tabel dengan beberapa kolom, yaitu kolom wilayah, kuota, tahun, porsi terakhir, jumlah pendaftar, dan lunas tunda. Kamu tinggal cari provinsi atau kota/kabupaten tempat kamu mendaftar.

Contoh lain jika kamu berangkat dari Kota Ambon, maka kamu diperkirakan berangkat 15 tahun lagi. Lama waktu tunggu ini diperoleh dari jumlah pendaftar 4.891 dibagi kuota yang berjumlah 346 orang.

Berikut ini daftar tunggu h