update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Bakesbangpol Mengedukasi Aliansi Masyarakat Jombang Mengenai Pendidikan Politik

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang mengadakan sosialisasi pendidikan politik dalam pemilu tahun 2024. Sosialisasi yang berjudul “Kedai Demokrasi” tersebut dilakukan bersama Aliansi Masyarakat Jombang (AMJ) di halaman kantor Bakesbangpol setempat pada Rabu (13/12/2023).

Acara ini diselenggarakan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan organisasi masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, organisasi masyarakat sipil, dan generasi muda. Melalui pendidikan politik, pengembangan etika, serta budaya politik, terutama menjelang pelaksanaan pemilu legislatif, pilpres, dan pilkada tahun 2024.

Sekitar 50 peserta dari AMJ ikut dalam sosialisasi tersebut. Narasumber yang hadir adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jombang.

Kepala Bakesbangpol Jombang, Anwar, mengatakan bahwa kegiatan Kedai Demokrasi adalah inovasi yang digagas oleh Bakesbangpol dengan mengundang elemen masyarakat. Dengan mendengarkan sosialisasi dari KPU maupun Bawaslu Jombang, selain sosialisasi, juga diadakan diskusi terkait pemilu setelah dilakukan pemaparan dari narasumber.

Anwar menuturkan bahwa kegiatan ini diharapkan masyarakat akan menerima informasi yang benar dan bisa meluruskan informasi yang salah. Kegiatan ini dikemas lebih santai sambil minum kopi dan bisa berdiskusi tentang materi sosialisasi.

Kegiatan ini sudah dilakukan dua kali dengan sasaran elemen masyarakat yang belum mendapatkan sosialisasi di kecamatan. Harapannya, masyarakat ikut aktif dalam penyelenggaraan pemilu dan berpartisipasi untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan memberikan hak pilih pada pemilu serentak tahun 2024 mendatang.