update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Kapal Sumenep Kembali Meraih Penghargaan Nasional

Sistem Informasi Keselamatan Pelayaran (SiKapal), yang menjadi salah satu inovasi layanan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Komunikasi dan Informatika setempat, kembali meraih penghargaan tingkat nasional pada Kamis (23/11/2023). Kali ini, SiKapal mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI, sebagai salah satu Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji 2023 dalam penyelenggaraan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) di lingkungan pemerintah daerah.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menjelaskan bahwa inovasi tersebut diciptakan untuk mempermudah Pemkab Sumenep dalam mendapatkan informasi dan mengidentifikasi perahu atau kapal jika terjadi kecelakaan laut. Ini bertujuan untuk mempercepat penanganan kecelakaan laut guna meminimalisir korban.

Fauzi menegaskan bahwa Pemkab Sumenep akan terus mengembangkan program SiKapal sebagai upaya untuk memberikan perlindungan bagi para nelayan dan kapal penumpang saat berlayar. Salah satu langkahnya adalah dengan secara bertahap meningkatkan pelayanan, seperti menambahkan alat pendeteksi atau Automation Identification System (AIS) yang terpasang di perahu atau kapal.

Kepala Diskominfo Kabupaten Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya mengungkapkan bahwa saat ini, alat deteksi atau AIS yang terpasang di perahu berjumlah 20 buah dan pada tahun 2024 akan menambahnya sebanyak 50 buah. Selain itu, pihaknya juga akan meningkatkan jangkauan area ke seluruh wilayah kepulauan kecuali Kecamatan (Pulau) Masalembu pada tahun selanjutnya, bahkan siap untuk melakukan integrasi dengan Kabupaten atau Kota lainnya guna memantau.

Sebelumnya, SiKapal juga berhasil mendapat apresiasi dari Kemenpan RB dan masuk dalam top 99 layanan informasi publik pada kompetisi Sistem Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) 2023.

Penulis: Wildan Mukhlishah Sy
Editor: Imam Hairon