update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

580 Anggota DPRI yang Telah Terpilih Akan Dilantik pada Tanggal 1 Oktober, Rizal Bawazier Akan Mewakili Dapil X Jateng

580 Anggota DPRI yang Telah Terpilih Akan Dilantik pada Tanggal 1 Oktober, Rizal Bawazier Akan Mewakili Dapil X Jateng

Sebanyak 580 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI terpilih periode 2014-2029 akan dilantik dan mengucapkan sumpah atau janji pada 1 Oktober 2024 mendatang. Salah satunya adalah Rizal Bawazier, caleg terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) X Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Batang, Pekalongan, Pemalang, dan Kota Pekalongan.

Rizal Bawazier atau yang lebih akrab dipanggil RB, merupakan anggota DPR RI terpilih dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yang merupakan caleg terpilih pertama kali dalam sejarah partai yang dikenal berbasis kader, serta massa yang solid, mewakili dapil X Jateng. Beberapa kali mengikuti pemilu, baru kali ini PKS berhasil menghantarkan kadernya dari dapil X ke kursi DPR RI. Di hadapan awak media, RB menuturkan, jika dirinya berkomitmen akan membawa aspirasi masyarakat di Dapil X.

RB bersama 580 anggota DPRI terpilih lainnya, sebelumnya telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebagai caleg terpilih hasil Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2024. Penetapan tersebut dituangkan dalam Keputusan KPU RI Nomor 1206 Tahun 2024 tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPR RI dalam Pemilu 2024.

Jumlah anggota DPR RI periode 2024-2029 termasuk yang terbanyak dibandingkan dengan tiga periode sebelumnya, meski hanya delapan partai politik (parpol) yang lolos parliamentary threshold atau ambang batas parlemen sebesar empat persen. Perolehan kursi partai politik diurutkan berdasarkan jumlah terbanyak:

– PDIP: 110 kursi
– Golkar: 102 kursi
– Gerindra: 86 kursi
– Nasdem: 69 kursi
– PKB: 68 kursi
– PKS: 53 kursi
– PAN: 48 kursi
– Demokrat: 44 kursi

Sumber: SUARA INDONESIA

Pewarta: Ragil Surono
Editor: Mahrus Sholih

Source link