update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Komunitas Lesbumi NU Kota Malang dan Pondok Pesantren Al-Hayatul Islamiyah Kedungkandang Berkomitmen untuk Menjaga Lingkungan

Lesbumi NU Kota Malang menggelar Festival Sekarbanjar 2024 bersama warga RW 07 Genting Merjosari, Pondok Pesantren Karanggenting, dan Pondok Pesantren Al-Hayatul Islamiyah Kedungkandang. Gelaran festival tahun ke-2 ini mengusung tema ‘Ekosistem Lingkungan Air’ sebagai bentuk komitmen Lesbumi NU Kota Malang dan Pondok Pesantren Al-Hayatul Islamiyah Kedungkandang dalam menjaga lingkungan.

Acara Festival Sekarbanjar 2024 dimulai dengan pemukulan gong untuk menandai dibukanya acara. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW. Festival tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat, seperti Wakil Sekretaris PCNU Kota Malang H. Muhammad Yunus, Ketua YPP Al-Hayatul Islamiyah Hj. Anik Zulaichah, Rois Syuriah MWC NU Kedungkandang KH. Ali Ma’mun, Anggota DPRD Kota Malang Abd. Wahid, dan Ketua Lesbumi NU Kota Malang Fathul H. Panatapraja.

Dalam acara tersebut, dilakukan penanaman pohon dan tebar benih ikan di Kali Amprong, sungai di sekitar Pondok Pesantren Al-Hayatul Islamiyah. Sebanyak 100 bibit pohon dan 1000 benih ikan ikan nila merah ditanam dan ditebar. Hal ini merupakan upaya untuk menjaga lingkungan hidup dan menjaga ekosistem air.

Wakil Sekretaris PCNU Kota Malang H. Muhammad Yunus menyatakan pentingnya menjaga lingkungan sebagai amanah yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar. Manusia perlu air dan udara bersih serta harus menjaga alam untuk menjaga bumi agar tetap sehat dan lestari.

Selain kegiatan penanaman pohon dan tebar benih ikan, acara juga dilanjutkan dengan ziarah kubur, Seminar Kebangsaan, dan Wawasan Fiqih Lingkungan. Ketua YPP Al-Hayatul Islamiyah Hj. Anik Zulaichah mengapresiasi kegiatan Festival Sekarbanjar dan berharap dapat memberikan manfaat luas pada lingkungan sekitar.

Ketua Pelaksana Festival Sekarbanjar Fajrus Sidiq menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung acara ini, termasuk warga sekitar Kali Amprong, Pesantren Al-Hayatul Islamiyah, dan warga RW 07 Genting Merjosari, serta para sponsor dan donatur.

Acara Festival Sekarbanjar 2024 ini merupakan bentuk nyata dari komitmen Lesbumi NU Kota Malang dan Pondok Pesantren Al-Hayatul Islamiyah Kedungkandang dalam menjaga lingkungan dan mengambil peran aktif untuk memperhatikan ekosistem air di sekitar mereka.

Source link