update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas

Apa Arti dari Mobil Innova Zenix yang Dipakai Paus Fransiskus dengan Pelat Nomor SCV 1?

Selasa, 3 September 2024 – 14:33 WIB

Jakarta, VIVA – Pemimpin Takhta Suci Vatikan Paus Fransiskus akhirnya tiba di Indonesia untuk kunjungan keagamaan sekaligus kenegaraan atau apostolik, pada Selasa 3 September 2024. Saat berada di Jakarta, Paus Fransiskus menggunakan mobil Toyota Kijang Innova Zenix.

Paus Fransiskus tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pukul 12.26 WIB. Paus sendiri dijemput dengan menggunakan kendaraan sipil, yaitu Toyota Kijang Innova Zenix berwarna putih. Selain itu, hal menarik lainnya adalah Paus tidak duduk di bangku penumpang bagian belakang, melainkan memilih untuk duduk di bangku penumpang bagian depan, tepat bersebelahan dengan pengemudi.

Yang menarik adalah terdapat pelat nomor khusus pada mobil Zenix tersebut, yaitu bertulis SCV 1. SCV sendiri merupakan singkatan dari Status Civitatis Vaticanae yang berarti Negara Kota Vatikan.

Sedangkan angka 1 menunjukkan bahwa Paus Fransiskus sebagai pemimpin atau tokoh yang dihormati. Selain bertemu dengan pejabat Indonesia, Paus juga akan menggelar misa akbar bersama 86.000 umat Katolik dari seluruh Indonesia.

Selanjutnya, Paus akan berkeliling stadion untuk menyapa umatnya. Pemimpin Gereja Katolik ke-266 tersebut akan menggunakan popemobile buatan PT Pindad dengan pelat SCV 1 juga. Mobil berbasis model Maung tersebut telah dimodifikasi untuk kebutuhan Paus Fransiskus.

Popemobile berwarna putih ini dilengkapi dengan penutup berwarna cokelat di bagian belakangnya untuk melindungi dari panas matahari. Pada bagian belakang, terdapat pintu dan tangga kecil yang digunakan Paus Fransiskus sebagai akses naik turun kendaraan.

Maung dapat mengangkut 4 penumpang dan ditenagai oleh mesin diesel berkapasitas 1.900 cc yang mampu menghasilkan daya sebesar 136 tenaga kuda. Mobil ini dapat melaju hingga 650 kilometer dan mencapai kecepatan maksimum 120 km per jam.

Source link