update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas

Hati-hati dengan Bahaya Motor Pakai Kampas Rem Palsu, Jangan Tergiur Harga Murah

Sabtu, 31 Agustus 2024 – 12:09 WIB

Kampas rem merupakan salah satu spare part yang termasuk dalam kategori fast moving, yang artinya perlu diganti dengan cepat seiring penggunaan sepeda motor. Hal ini wajar, karena kampas rem dapat habis karena gesekan.

Memanfaatkan gesekan antara dua sisi kampas rem dengan piringan cakram. Ketika pedal atau handle rem ditekan, maka master silinder akan mengalirkan minyak rem untuk mendorong piston di kaliper.

Piston akan menekan kampas rem agar menjepit piringan cakram sehingga laju kendaraan terhenti. Oleh karena itu, tugas kampas rem sangat vital karena menentukan keefektifan rem.

Kampas rem memiliki tugas untuk menekan piringan atau tromol untuk menghentikan laju kendaraan. Gesekan yang terjadi akan membuat kampas rem semakin menipis seiring waktu.

Untuk mencari parts kampas rem, pengguna motor dapat melakukan pergantian di bengkel resmi atau bengkel umum. Kampas rem yang beredar di pasaran ada yang original pabrikan, aftermarket, hingga palsu.

Kampas rem palsu sering menyerupai kampas rem asli dalam kemasan, bentuk, dan hologram. Namun, perbedaan utamanya adalah harga yang lebih murah dari versi original.

Oleh karena itu, jangan tergiur dengan harga murah terutama saat membeli kampas rem secara online. Penggunaan kampas rem palsu dapat menyebabkan kerusakan pada piringan cakram karena struktur material yang lebih keras.

Kampas rem palsu juga dapat menyebabkan bunyi abnormal saat pengereman dan mengganggu pengalaman berkendara. Selain itu, tingkat kepekeman kampas rem palsu tidak sebaik versi original.

Kampas rem original cenderung lebih empuk dan bisa memberikan daya cengkram yang lebih baik pada saat pengereman berlangsung. Jadi, sebaiknya hindari penggunaan kampas rem palsu untuk keamanan dan kenyamanan berkendara Anda.

Source link