update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Bakesbangpol Situbondo Bagikan Jutaan Bendera Merah Putih dan Tanamkan Nilai Pancasila kepada Masyarakat

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Situbondo membagikan bendera merah putih di wilayah Desa Sliwung, Kecamatan Panji, Kecamatan Kendit dan CFD, Kamis (29/8/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih kepada masyarakat yang dilaksanakan selama tiga hari pada pertengahan bulan Agustus 2024.

Menurut Kabid Ideologi Kebangsaan Bakesbangpol Situbondo, Adi Pratama, pembagian bendera merah putih tersebut merupakan salah satu upaya Pemkab Situbondo untuk mempersatukan masyarakat melalui identitas, simbol, dan alat pemersatu masyarakat. Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Situbondo, Buchari, menekankan pentingnya penanaman nilai-nilai Pancasila dan patriotisme dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI tahun 2024.

Buchari juga menyatakan bahwa nilai-nilai Pancasila saat ini mulai luntur di kalangan masyarakat dan pelajar, yang ditandai dengan berkurangnya pengetahuan dan pengamalan Pancasila. Oleh karena itu, upaya pembagian bendera merah putih dan semaraknya pemasangan bendera di wilayah Situbondo diharapkan dapat mengingatkan masyarakat akan pentingnya nilai-nilai tersebut.

Nilai-nilai Pancasila, menurut Buchari, adalah falsafah dalam berbangsa dan bernegara yang dapat mempersatukan bangsa Indonesia. Dia juga menekankan bahwa kurangnya pemahaman dan aplikasi terhadap Pancasila dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

Buchari berharap bahwa dengan memperkuat nilai-nilai Pancasila, bangsa Indonesia akan tetap kokoh, kuat, mandiri, dan disegani. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila harus dijadikan acuan dalam bertindak, bersikap, dan bertingkah laku agar bangsa Indonesia tidak kehilangan roh dan mudah disusupi oleh ideologi atau faham-faham asing yang tidak sesuai dengan budaya bangsa Indonesia. Dengan demikian, implementasi dan revitalisasi nilai-nilai Pancasila sangat penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Source link