update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas

Harga Rem Motor di MotoGP Ternyata Sangat Mahal

Kamis, 15 Agustus 2024 – 14:20 WIB

Motor yang digunakan dalam MotoGP adalah konsep yang dikembangkan khusus untuk ajang balap tersebut. Sehingga komponen di dalamnya berbeda dengan motor produksi massal dari pabrikan.

Tidak mengherankan jika harga spare part motor MotoGP tidak murah, termasuk perangkat keamanan seperti rem yang harganya sangat fantastis. Saat ini, pengereman yang digunakan adalah lansiran Brembo.

Pabrikan asal Italia tersebut menciptakan rem cakram untuk motor MotoGP yang terdiri dari kaliper, piringan, dan kampas. Berapa harga perangkat pengereman tersebut jika perlu pergantian? Menurut Federation Internationale de Motocylisme, biaya pengereman depan motor di MotoGP mencapai sekitar 70 ribu Euro, atau sekitar Rp1 miliar.

Harga tersebut sudah termasuk tiga kaliper, tiga master rem, 10 piringan cakram, dan 28 kampas rem yang diperlukan untuk satu musim. Belum termasuk sistem pengereman belakang yang juga menggunakan cakram.

Perangkat pengereman yang dipasang di motor MotoGP bisa sangat mahal karena terbuat dari material karbon.

Beberapa musim lalu, beberapa tim di MotoGP meninggalkan rem cakram berbahan karbon karena berbahaya saat kondisi lintasan dingin. Namun, berkat kemajuan teknologi, rem karbon kini dapat bekerja optimal di berbagai suhu dan lintasan.

Saat selesai balapan, permukaan cakram berbahan karbon bisa mencapai suhu 800 derajat celsius. Bahkan, rem cakram karbon yang baru saja digunakan dalam balapan bisa memiliki suhu sepanas bara api. Oleh karena itu, setelah balapan berakhir, teknisi dan operator tim dilarang mendekati roda motor.

Halaman Selanjutnya

Padahal, beberapa musim lalu, rem cakram bermaterial karbon sempat ditinggalkan beberapa tim di MotoGP. Alasannya, penggunaan rem bertemperatur panas di lintasan bersuhu dingin akan membahayakan pengendara. Selain itu, daya cengkramnya juga akan terganggu, akibat pertemuan dua suhu berbeda.

Source link