update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas

Mengoptimalkan Potensi Diaspora Indonesia – indoberita.net

Diaspora Indonesia: Maksimalkan Peran dan Potensi di Dunia Internasional

Jakarta – Pemanfaatan atlet diaspora Indonesia telah mulai menunjukkan hasil positif dengan peningkatan prestasi di dunia olahraga. Dalam sepak bola, misalnya, atlet diaspora memberikan kontribusi besar dalam membawa tim nasional Indonesia mencapai Piala Asia 2027 dan Babak Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana kita dapat memanfaatkan diaspora Indonesia tidak hanya di bidang olahraga, tetapi juga di sektor-sektor penting lainnya seperti sains, teknologi, teknik, dan matematika. Dengan memaksimalkan potensi diaspora Indonesia, kita dapat meningkatkan kontribusi mereka secara signifikan dalam pembangunan negara.

Hal ini sangat relevan dalam mencapai Visi Indonesia Emas 2045 yang membutuhkan sumber daya manusia unggul, serta menghadapi persaingan talenta global di mana setiap negara berusaha menarik para profesional terbaik untuk tinggal dan berkarya di negaranya. Namun, sebelum membahas langkah-langkah dalam memanfaatkan potensi diaspora Indonesia, kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu diaspora Indonesia.

Definisi Diaspora
Diaspora Indonesia adalah masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri, termasuk WNI, mantan WNI, serta keturunan dari WNI dan/atau mantan WNI. Mereka tersebar di lebih dari 90 negara di seluruh dunia.

Berdasarkan data Bank Dunia, jumlah diaspora Indonesia mencapai sekitar sembilan juta orang, yang setara dengan populasi Sulawesi Selatan. Sekitar 3 hingga 4,6 juta dari mereka masih memiliki kewarganegaraan Indonesia. Diaspora Indonesia memiliki beragam profesi, termasuk dosen, ilmuwan, dan pekerja di bidang STEM.

Langkah Maksimalkan Potensi
Presiden dan Wakil Presiden terpilih telah memberikan perhatian khusus pada pemanfaatan potensi diaspora Indonesia dalam mencapai kepentingan nasional. Sejumlah langkah yang dapat diambil antara lain adalah melakukan pendataan diaspora Indonesia secara lengkap dan akurat untuk memetakan talenta mereka berdasarkan keahlian, industri, dan lokasi. Langkah kedua adalah berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengidentifikasi kebutuhan talenta yang dapat dipenuhi oleh diaspora Indonesia. Langkah ketiga adalah memberikan insentif bagi diaspora untuk berkontribusi atau kembali ke Indonesia. Langkah terakhir adalah menjalin komunikasi aktif dengan diaspora Indonesia untuk menawarkan peluang kolaborasi dan kerja di sektor-sektor strategis.

Dengan langkah-langkah tersebut, diaspora Indonesia dapat menjadi aset berharga yang memberikan kontribusi besar dalam pembangunan negara, termasuk dalam mencapai Visi Indonesia Emas 2045.

Hamdan Hamedan, Direktur Eksekutif Indonesian Diaspora Network-United (2017-2018)

Sumber: https://news.detik.com/kolom/d-7422648/optimasi-potensi-diaspora-indonesia

Source link