update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Cara Mandi Junub Tanpa Air Sesuai Sunnah

Jakarta, CNBC Indonesia – Mandi junub atau mandi wajib adalah pembersihan diri yang dilakukan umat Islam untuk menghilangkan hadas besar. Hadas besar terjadi setelah melakukan aktivitas tertentu, seperti hubungan intim, dan memerlukan mandi junub untuk membersihkan diri sebelum dapat kembali melaksanakan ibadah, seperti salat.

Mandi junub merupakan bagian penting dalam agama Islam, dan biasanya dilakukan dengan menggunakan air. Namun, Perubahan iklim dan kondisi lingkungan tertentu dapat membuat pasokan air menjadi terbatas, sehingga melaksanakan mandi junub dengan air menjadi sulit dilakukan.

Setelah itu, dalam kondisi kesibukan dan kesehatan yang tidak memungkinkan untuk mandi junub dengan air, ada solusi praktis yang tetap memastikan kesucian. Dalam situasi seperti ini, agama Islam memberikan keringanan dengan memperbolehkan mandi junub dengan menggunakan tayamum sebagai alternatif.

Hal yang perlu dilakukan adalah mengikuti cara mandi wajib tanpa air yang telah diuraikan dalam beberapa hadis oleh para sahabat Nabi Muhammad SAW. Dengan mematuhi ketentuan ini, Anda tidak hanya memastikan kesucian, tetapi juga mengikuti jejak yang ditinggalkan oleh mereka yang terdahulu dalam menunaikan ibadah mandi wajib.

Tayamum secara bahasa berarti tujuan atau maksud, misalnya kalimat diucapkan, ‘Yammamaka fulanun bil khairi’ bila si fulan bermaksud baik terhadapmu. Tayamum secara syariat adalah menyampaikan debu ke wajah dan kedua tangan dengan syarat khusus. Dasar tayamum adalah firman Allah pada Surat Al-Maidah ayat 6, ‘Lalu kalian tidak menemukan air, maka hendaklah bertayamum dengan debu yang suci.’ Sahabat Ibnu Abbas ra berkata, ‘Maknanya jika kalian sakit, tayamum-lah. Jika kalian bersafari (dalam perjalanan), bertayamum-lah. Dan kalian tidak menemukan air, tayamum-lah’ (Taqiyuddin Al-Hishni dalam Kifayatul Akhyar).

Tata Cara Tayamum

Adapun langkah-langkah tata cara tayamum sebagai pengganti mandi junub adalah sebagai berikut:
1. Siapkan tanah berdebu atau debu yang bersih.
2. Disunahkan menghadap kiblat. Tempelkan kedua telapak tangan pada debu.
3. Membaca niat tayamum
Nawaytu tayammuma li istibaakhati sholati lillahi ta’ala
Artinya:
“Aku berniat tayamum agar diperbolehkan salat karena Allah ta’ala.”
4. Usapkan kedua telapak tangan pada seluruh wajah dengan sekali menyentuh debu.
5. Usapkan debu ke kedua tangan, mulai dari ujung jari hingga siku.
6. Membaca doa usai tayamum

Perkara yang Menyebabkan Tayamum

Mengutip dari buku Ensiklopedia Fikih Indonesia: Haji & Umrah oleh Ahmad Sarwat Lc MA, alasan utama melakukan tayamum untuk mandi junub adalah ketiadaan air. Selain itu, jika ketersediaan air tidak mencukupi untuk berwudhu, hal tersebut juga menjadi alasan sah untuk melaksanakan tayamum. Selanjutnya, jika air tidak dapat dijangkau, tayamum tetap diizinkan untuk mandi junub. Bagi mereka yang mengalami penyakit yang mencegah mereka menggunakan air, juga diperbolehkan untuk melakukan tayamum. Penyebab lainnya termasuk suhu udara yang sangat dingin yang dapat membahayakan jika tetap berwudhu, dan kehabisan waktu yang menjadi alasan sah untuk melakukan tayamum.

Dengan penjelasan tata cara mandi wajib tanpa air ini, maka umat Muslim tak perlu khawatir jika tak bisa mendapatkan air saat harus menghilangkan hadas besar.

[Gambas:Video CNBC]

(dag/dag)