update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Niat Puasa Tarwiyah & Arafah Besok & Minggu, Ini Bacaannya

Jakarta, CNBC Indonesia – Sidang isbat yang diselenggarakan pada pekan lalu, Jumat (07/06/2024), telah resmi menetapkan Hari Raya Idul Adha atau 10 Zulhijjah 1445 Hijriah jatuh pada Senin, 17 Juni 2024. Jelang Idul Adha, tepatnya dua hari sebelum hari raya kurban tersebut, yakni pada 8 Zulhijjah dan 9 Zulhijjah umat Muslim disunahkan atau dianjurkan untuk berpuasa. Artinya, mulai besok, Sabtu, 15 Juni 2024 bertepatan dengan 8 Zulhijjah 1445 H umat Muslim dianjurkan untuk menjalankan puasa Tarwiyah.

Lalu, pada hari Minggu, 16 Juni 2024 bertepatan dengan 9 Zulhijjah 1445 H disunahkan melaksanakan puasa Arafah. Puasa Arafah dilaksanakan pada hari kesembilan Zulhijjah atau menjelang Hari Raya Idul Adha. Disebut puasa Arafah karena pada hari tersebut umat Islam yang berhaji sedang melaksanakan wukuf di Arafah. Mengutip situs Kementerian Agama RI, ada 10 amalan yang bila dilakukan sejak awal Zulhijjah, maka pahalanya setara dengan haji dan umrah. Salah satu amalannya yaitu melaksanakan puasa Tarwiyah dan Arafah pada 8 dan 9 Zulhijjah.

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT telah berfirman: “Dan mereka yang menyebut nama Allah pada hari-hari yang telah masyhur” (QS. Al-Hajj: 28). Hari-hari masyhur yang dimaksud adalah 10 hari pertama bulan Zulhijjah. Hal ini sebagaimana dijelaskan di dalam hadits Rasulullah SAW.

“Nabi Muhammad SAW bersabda, ‘Tiada hari-hari yang amal shalih di dalamnya lebih dicintai Allah daripada hari-hari ini. Yakni 10 hari pertama dari bulan Zulhijjah. Mereka (para shahabat) bertanya: ‘Wahai Rasulullah, dan tidak juga berjihad di jalan Allah (lebih utama darinya)?’, beliau bersabda: ‘Dan tidak juga berjihad di jalan Allah (lebih utama darinya), kecuali seseorang yang berjuang dengan dirinya dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan apapun.’ (HR Bukhari dan Muslim).

Niat Puasa Tarwiyah 8 Zulhijjah: “Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala.” Artinya: “Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah Ta’ala.” Niat Puasa Arafah 9 Zulhijjah: “Nawaitu shauma arafata sunnatan lillâhi ta’ala.” Artinya: “Saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah Ta’ala.”

[wia]