update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Gerindra, PAN, dan NasDem bersatu untuk mendukung Pj Bupati Cilacap sebagai calon bupati pada Pilkada 2024

Partai Gerindra, PAN, dan NasDem Sepakat Usung Pj Bupati Cilacap sebagai Cabup di Pilkada 2024

Kelompok pengurus Partai Gerindra, PAN, dan NasDem sepakat untuk mendukung Pj Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri, sebagai Calon Bupati dalam Pilkada 2024. (Foto: istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP – Tiga partai politik Gerindra, PAN, dan NasDem sepakat untuk mengusung Awaluddin Muuri, yang saat ini menjabat sebagai Pj Bupati Cilacap, sebagai calon bupati pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Kesepakatan tersebut dilakukan melalui kerjasama politik yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian serta deklarasi bersama yang dilakukan di salah satu Hotel di Cilacap, pada Rabu (12/6/2024) malam.

“Gerindra hari ini melakukan kerjasama politik dengan dua partai yaitu PAN dan NasDem, dan bersama-sama mengusung calon bupati dan wakil bupati untuk periode 2024-2029 yang akan datang. Yang penting saat ini adalah menuju ke R1 terlebih dahulu,” ujar Ketua DPC Gerindra Kabupaten Cilacap, Suyatno, ketika ditemui pada acara tersebut.

“Izin kami sepakat untuk mengusung Awaluddin Muuri sebagai calon bupati. Nantinya, proses pencarian calon wakil bupati akan dilakukan bersama-sama antara calon dan partai koalisi,” tambahnya.

Suyatno menambahkan bahwa untuk calon wakil bupati, pihaknya bersama dengan calon bupati yang diusung Awaluddin Muuri akan mencari calon potensial untuk bergabung. “Kami akan menggabungkan hasil verifikasi dari masing-masing pihak, dan kemudian memutuskannya,” ungkapnya.

Alasan mengapa Pj Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri, diusung oleh Gerindra untuk maju sebagai calon bupati dalam Pilkada 27 November 2024 mendatang adalah karena potensi yang dimilikinya, baik dalam elektabilitas maupun track record yang dinilai baik.

“Awaluddin memiliki track record yang bagus, dimulai dari ASN di Kabupaten Cilacap hingga karirnya meningkat dari tingkat bawah hingga menjadi pejabat dan terakhir menjabat sebagai Sekda. Kami yakin Awaluddin memiliki kekuatan untuk memimpin Kabupaten Cilacap dengan baik,” kata Suyatno.

Ketua Gerindra Cilacap ini memastikan bahwa Awaluddin Muuri siap untuk diusung oleh Partai Gerindra. “Kami telah berkomunikasi secara intensif dengan beliau, dan telah melakukan kerjasama politik, namun belum kami umumkan karena beliau masih dalam jabatan. Nantinya akan ada waktu untuk mengumumkan kesepakatan yang telah dibuat,” jelasnya.

“Hingga saat ini, kami masih terbuka untuk anggota partai lain yang ingin bergabung dengan kami dalam koalisi,” lanjut kader Gerindra, yang akrab disapa Pak Yanto.

Di sisi lain, Ketua DPD NasDem Cilacap, Cahyo Sasongko, menyatakan bahwa pihaknya telah mempertimbangkan dengan baik sebelum berkoalisi dengan Gerindra dalam menghadapi Pilkada 2024.

“Dengan izin dari DPP, kami hari ini memulai langkah terbaik untuk memajukan Cilacap bersama Awaluddin sebagai Bupati Cilacap. Sejak 1 Juni, kami sudah menyatakan bahwa Partai NasDem mencalonkan wakil bupati,” kata Cahyo.

“Jika NasDem dipilih sebagai wakil bupati, itu merupakan hal yang wajar. Mungkin telah dilakukan survei, elektabilitas, dan rekomendasi, semuanya dalam proses. Dalam perjalanan politik, pasti akan ada dinamika hingga rekomendasi dari partai turun. Apapun keputusannya nanti, akan kembali kepada DPP,” pungkasnya. (*)

» Kunjungi berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta: Satria Galih Saputra
Editor: Mahrus Sholih

Exit mobile version