update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Doa Naik Pesawat Versi Tulisan Arab dan Latin: – اللهم إنا نسألك السلامة في الطريق – Allahumma innana s’aluka assalamah fil-tariq (Oh Allah, we ask for safety on the journey)

Jakarta, CNBC Indonesia – Naik pesawat adalah salah satu cara yang sering digunakan oleh masyarakat untuk bepergian jarak jauh. Doa sebelum naik pesawat adalah permohonan atau harapan kepada Allah SWT agar perjalanan udara berlangsung dengan aman dan lancar. Baik individu maupun kelompok penumpang pesawat yang akan melakukan perjalanan udara biasanya mengucapkan doa ini.

Doa ini biasanya dibacakan di bandara sebelum keberangkatan, di dalam pesawat sebelum take-off, atau bahkan di rumah sebelum menuju bandara. Doa ini juga sering dibacakan sebelum pesawat lepas landas, saat pesawat mulai bergerak, atau pada saat-saat penting selama perjalanan udara. Meskipun perjalanan udara dianggap aman, namun tetap memiliki risiko, dan doa menjadi cara bagi banyak orang untuk mencari perlindungan dan ketenangan batin selama perjalanan.

Doa Naik Pesawat ini telah diajarkan oleh Rasulullah SAW sebagai bentuk permohonan perlindungan dan pertolongan kepada Allah. Doa ini dapat dibaca sebelum pesawat lepas landas. Berikut bacaan doa naik pesawat dalam Arab latin dan terjemahannya:

“Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Subhanalladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibun, allahumma inna nas’aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal ‘amal maa tardho, allahumma hawwin ‘alaina safarona hadza wa athwi ‘annaa bu’dahu, allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli, allahumma inni a’udzubika min wa’tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli.”

Artinya: “Allah Maha Besar, Maha suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah lah kami kembali. Ya Allah, kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridhoi. Ya Allah, permudahkanlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan mengurusi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang buruk dalam harta dan keluarga.”

Doa ini dapat dibaca saat akan menaiki pesawat atau sebelum berangkat dari rumah. Disarankan juga untuk berdzikir atau melantunkan sholawat selama dalam perjalanan. Doa yang dibaca oleh seorang musafir termasuk dalam kategori doa yang dikabulkan oleh Allah SWT.

Selain doa naik pesawat, Islam juga menganjurkan untuk membaca doa ketika akan bepergian dengan berbagai cara transportasi, termasuk pesawat. Doa ini merupakan bentuk permohonan keselamatan dan perlindungan dalam perjalanan. Selain membaca doa, berdzikir dan berdoa juga sangat dianjurkan dalam Islam ketika berada dalam perjalanan jauh.

Demikianlah bacaan doa naik pesawat sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Semoga dengan membaca doa ini, umat muslim mendapatkan perlindungan dan kelancaran dalam setiap perjalanan yang dilakukan.

Exit mobile version