update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Syarat dan 6 Kriteria Hewan yang Layak sebagai Kurban Menurut Ajaran Islam

Salah satu amalan dalam merayakan Iduladha adalah berkurban atau menyembelih hewan kurban. Ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi dalam pemilihan hewan kurban agar sesuai dengan syariat Islam. Hewan yang boleh dijadikan kurban dalam Islam meliputi kambing, domba, sapi, kerbau, dan unta. Hewan unggas seperti ayam atau burung tidak diizinkan menjadi hewan kurban.

Dalam memilih hewan kurban, ada panduan sesuai syariat Islam seperti yang terdapat dalam hadis yang menegaskan bahwa hewan kurban haruslah sehat, tidak cacat, dan tidak berpenyakit. Ada tiga syarat hewan yang bisa dijadikan kurban, yaitu hewan ternak seperti unta, sapi, kambing, atau domba; mencapai usia minimal yang telah ditentukan; dan sehat, tidak cacat, dan tidak berpenyakit.

Beberapa kriteria hewan kurban yang harus dipenuhi antara lain tidak buta, tidak hamil, merupakan hewan ternak, memiliki usia sesuai ketentuan, sehat, dan berjenis kelamin jantan. Disarankan untuk memilih hewan kurban yang sesuai dengan ketentuan dalam syariat Islam untuk menjalankan ibadah kurban dengan benar.