update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Polda Jatim Menjamin Keamanan WWF di Bali dengan Menyebarkan Ratusan Personel di Banyuwangi dan Sidoarjo

Kapolda Jatim Sebarkan Ratusan Personel di Banyuwangi dan Sidoarjo untuk Menjamin Keamanan WWF di Bali

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto saat memeriksa kesiapan pasukan untuk pengamanan World Water Forum (WWF) di Banyuwangi, Rabu (15/4/2024). (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI – Polda Jatim menjadi satuan tugas pengamanan wilayah (Satgas Pamwil) yang bertugas sebagai penyangga keamanan untuk kelancaran pelaksanaan World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali yang akan digelar pada 18-25 Mei 2024.

Untuk memastikan kelancaran acara internasional tersebut, yang dihadiri oleh 17 ribu peserta delegasi dari 172 negara dan 43 pimpinan negara besar, Polda Jatim telah melakukan persiapan keamanan yang matang.

Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto telah menurunkan lebih dari 596 personel. Pasukan ini akan disebar di dua lokasi utama, yaitu di Banyuwangi dan Sidoarjo.

“Pengamanan difokuskan pada area pelabuhan dan bandara,” ujar Irjen Imam setelah Apel Gelar Pasukan Operasi Puri Agung di Banyuwangi, Rabu (15/5/2024).

Banyuwangi dipilih karena dianggap sebagai pintu masuk bagi warga yang hendak menuju Bali dari Jawa, sehingga posisinya sangat penting. Pasukan yang disiapkan khusus untuk pengamanan di Banyuwangi berasal dari berbagai unsur, di luar petugas yang sudah rutin berjaga di sekitar pelabuhan.

Selama Operasi Puri Agung, fokus pengamanan adalah tempat-tempat penyeberangan antara Banyuwangi-Bali. Selain di Pelabuhan Ketapang, aparat juga standby di 14 pelabuhan rakyat di sepanjang perairan Banyuwangi.

Petugas telah memasang kamera CCTV di akses masuk Pelabuhan Ketapang dan seluruh pelabuhan rakyat. CCTV ini diharapkan dapat merekam setiap aktivitas warga yang akan menyeberang ke Bali.

Selain di titik-titik penyeberangan, aparat juga akan memperkuat pengamanan di jalur menuju Banyuwangi. Masyarakat diminta untuk memahami apabila akan mengalami penundaan perjalanan akibat pemeriksaan yang dilakukan oleh aparat.

Sidoarjo juga menjadi fokus pengamanan. Polda Jatim meningkatkan pengamanan di area Bandara Internasional Juanda dan sekitarnya.

“Pengamanan sangat penting mengingat signifikansinya acara WWF di Bali. Pengamanan akan dilakukan selama 10 hari, mulai 17-26 Mei 2024,” tambahnya.

Apel Gelar Pasukan Operasi Puri Agung di Banyuwangi dihadiri oleh Kapolda, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Kaskoarmada II Laksamana Pertama TNI Isswarto, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryono, serta pejabat dari Polda Jatim, Polresta Banyuwangi, dan Pemkab Banyuwangi.

» Baca berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta: Muhammad Nurul Yaqin
Editor: Mahrus Sholih

Exit mobile version