update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Manfaat Kartu Pintar Pemerintah Saudi untuk Jemaah Haji Tahun 2024

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi akan memberikan Smartcard kepada jemaah haji pada musim haji 2024. Kartu elektronik ini akan menjadi akses jemaah untuk masuk ke Mina, Arafah, dan Muzdalifah (Armuzna).

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Hilman Latief, menjelaskan bahwa Smartcard diberikan untuk menjaga validitas data jamaah haji. Kartu berbentuk seperti ID Card dan berisi QR Code untuk memverifikasi data jemaah.

Selama pelaksanaan puncak haji di Armuzna, Smartcard akan discan dan dicek kebenaran data jemaahnya. Jika data sesuai, jemaah diizinkan masuk, namun jika tidak sesuai maka tidak diizinkan berhaji. Jemaah juga diingatkan untuk memiliki Smartcard saat masuk Masyair di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

Petugas Saudi akan melakukan pemeriksaan intensif terhadap visa dan Smartcard jemaah. Jemaah yang tidak memiliki visa atau Smartcard akan dikenakan sanksi berupa denda dan deportasi. Kementerian Agama telah membagikan Smartcard kepada jemaah haji Indonesia melalui embarkasi masing-masing.

Jemaah diminta untuk menjaga Smartcard dengan baik karena kartu tersebut dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi. Tidak ada pengganti jika Smartcard hilang atau tercecer.