update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Puskesmas Padas di Ngawi Gelar Gebyar Pasar Jemuk untuk Mencegah DBD

Petugas Puskesmas Padas, Ngawi, saat melakukan penyemprotan di rumah warga. (Foto: Ari Hermawan/ Suara Indonesia).

SUARA INDONESIA, NGAWI – Puskesmas Padas, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, mengadakan kegiatan Gerakan Bersama Masyarakat Tumpas Sarang dan Jentik Nyamuk (Gebyar Pasar Jemuk).

Kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) melalui program Gebyar Pasar Jemuk dilakukan bersamaan di Kecamatan Padas, melibatkan 12 desa dan forum pimpinan kecamatan (Forpimcam).

Diinisiasi oleh Kepala Puskesmas Padas, Zain Ratna Priyanto, program Gebyar Pasar Jemuk bertujuan membantu dalam upaya pencegahan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) beserta penyebarannya.

“Dengan bergerak dan bekerja bersama-sama, insya Allah kasus demam berdarah di Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi akan terkendali,” kata Zain Ratna Priyanto, Minggu (31/03/2024).

Menurutnya, perkembangan dan penyebaran DBD sangat cepat, terutama di Ngawi yang sudah menelan korban. Gebyar Pasar Majemuk merupakan inovasi penanggulangan dengan metode gotong royong.

“Dengan melakukan PSN bersama-sama, semua upaya penanggulangan dapat dilakukan dengan maksimal. Mulai dari penyemprotan, kebersihan lingkungan tempat berkembangbiaknya nyamuk, sosialisasi, hingga pendampingan,” ungkapnya.

“Dan PSN dilakukan secara bersamaan setiap Jumat di seluruh desa,” tambahnya.

Zain menambahkan, program Gebyar Pasar Majemuk di Kecamatan Padas difokuskan pada 4 kegiatan, yaitu pemeriksaan jentik secara berkala di rumah warga oleh petugas puskesmas dan kader posyandu, pemberantasan sarang nyamuk oleh perangkat desa dan warga, penyemprotan, serta kegiatan keliling oleh petugas puskesmas.

“Upaya pencegahan dilakukan dengan fokus pada PSN 3M plus, yaitu pemberantasan sarang nyamuk dengan menguras, menutup, mendaur ulang atau menghilangkan,” pungkasnya. (Adv)

Pewarta: Ari Hermawan
Editor: Imam Hairon

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Exit mobile version