update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Jadwal Imsak & Shubuh 12 Maret 2024 di Jakarta & Sekitarnya

Jakarta, CNBC Indonesia – Hari ini, 12 Maret 2024 merupakan awal umat Muslim Indonesia secara resmi melaksanakan ibadah puasa. Penting untuk mengetahui waktu imsak dan subuh agar tidak terlewatkan.

Imsak akan berlangsung 10 menit menjelang salat Subuh. Para ulama sepakat bahwa batas waktu sahur adalah munculnya fajar shadiq yang ditandai dengan kumandang azan. Dari Ibnu Umar RA, ia berkata, “Rasulullah SAW mempunyai dua muazin, yaitu Bilal dan Ibnu Ummi Maktum. Rasulullah SAW bersabda, ‘Sesungguhnya Bilal itu mengumandangkan azan pada waktu malam, maka makan dan minumlah kalian sampai Ibnu Ummi Maktum mengumandangkan azan.’ Beliau bersabda pula, ‘Jarak antara kedua azan itu hanya sekadar turunnya yang pertama dan naiknya yang kedua.'” (HR Muttafaq ‘Alaih)

Dalam riwayat lain disebutkan, dari Zaid bin Tsabit RA berkata, “Kami makan sahur bersama dengan Rasulullah SAW lalu kami mendirikan salat.” Ada salah seorang bertanya, “Berapa jarak antara sahur dengan salat itu?” Ia menjawab, “Kira-kira cukup untuk membaca lima puluh ayat.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dalam Kitab Syarah Riyadhus Shalihin karya Imam an-Nawawi yang disyarah oleh Mustafa Dib al-Bugha disebutkan, dianjurkan mengakhirkan makan sahur selama tidak dikhawatirkan terbitnya fajar shadiq dan dianjurkan pula menyegerakan berbuka. Sebab, Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan, “Manusia senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” Imam Ahmad menambahkan, “Dan mengakhirkan sahur.”

Menurut Imam an-Nawawi, mengakhirkan sahur itu lebih menguatkan tubuh untuk beribadah.

Agar tidak tergesa-gesa saat sahur, umat Islam bisa melihat jadwal imsak. Waktu imsak ini bukanlah batas akhir sahur melainkan waktu untuk antisipasi. Umat Islam bisa menggunakan waktu ini untuk menyelesaikan makan sahur dan bersiap untuk salat.

Berikut jadwal imsakiyah Ramadan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya!

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya
100 Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadan 2024

(mij/mij)