update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Permintaan Surat Keterangan Sehat untuk Calon Tenaga KPPS di Tuban Melebihi Kapasitas

Antrean permintaan surat keterangan sehat untuk mendaftar tenaga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, membludak. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban akan merekrut 25.830 orang untuk bertugas di 3.690 tempat pemungutan suara (TPS). Salah satu syarat mendaftar sebagai anggota KPPS adalah usia maksimal 55 tahun dan melampirkan surat keterangan sehat.

Permintaan surat keterangan sehat di sejumlah puskesmas di Tuban, seperti di Puskesmas Wire, Kecamatan Semanding, mengalami peningkatan yang signifikan sejak 11 Desember 2023. Kepala Puskesmas Wire, Siti Masruah, menyebut bahwa permintaan surat keterangan sehat telah melebihi 100 orang per hari, jauh lebih tinggi dari hari-hari biasa yang hanya sekitar 10 orang per hari.

Masruah memperkirakan bahwa permintaan surat keterangan sehat akan terus meningkat hingga penutupan pendaftaran pada 20 Desember 2023. Biaya pembuatan surat keterangan sehat ini sebesar Rp50 ribu dengan rincian biaya pemeriksaan.

Seorang calon pendaftar KPPS, Ayu Andiyani (22), menyatakan bahwa dia baru pertama kali mendaftar sebagai tenaga KPPS di Pemilu 2024. Dia menghabiskan waktu sekitar satu setengah jam untuk mengurus surat keterangan sehat.

Pewarta: Irqam
Editor: Imam Hairon