update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Kodim Jombang dan Pihak Terkait Berkomitmen Kawal Pemilu 2024 dengan Deklarasi Pemilu Damai

Komandan Kodim 0814 Jombang Letkol Kav Devid Eko Junanto saat menghadiri ikrar damai Pemilu 2024 bersama Forkopimda Jombang dan pihak-pihak terkait di Aula Pamungkas Makodim Jombang, Selasa (07/11/2023). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

JOMBANG, Suaraindonesia.co.id- Komitmen untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, damai, jujur, dan adil (jurdil) langsung, umum bebas, dan rahasia (luber) telah diwujudkan oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0814 Jombang melalui deklarasi damai Pemilu 2024. Acara ini diadakan di Aula Pamungkas Kodim 0814 Jombang, Jawa Timur, pada Selasa (7/11/2023).

Acara ini dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Jombang, perwakilan pengurus partai politik, Komisi Pemilihan Umum, Bawaslu Jombang, dan tamu undangan. Sebelum acara deklarasi, Komandan Kodim 0814 Jombang Letkol Kav Devid Eko Junanto menyampaikan sambutan terkait deklarasi pemilu damai menjelang pemilu serentak tahun 2024 dan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban dalam pemilu serentak 14 Februari 2024.

Setelah sambutan, Forkopimda Kabupaten Jombang, penyelenggara pemilu, dan pimpinan partai politik menandatangani ikrar pemilu damai. Devid Eko Junanto menyatakan bahwa pihaknya telah mulai melakukan antisipasi terhadap kerawanan yang mungkin muncul saat kampanye dalam pemilu tahun 2024 dengan melakukan deklarasi.

Kodim Jombang juga telah mulai memetakan berdasarkan pengalaman hasil pemilu sebelumnya. Mereka juga selalu berkoordinasi dengan pihak penyelenggara pemilu seperti KPU Jombang, Bawaslu Jombang, Polres Jombang, dan Pemkab Jombang, untuk mengantisipasi khususnya pendataan kependudukan.

Pj Bupati Jombang Sugiat menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Jombang memiliki komitmen yang sama dengan penyelenggara pemilu dan masyarakat Jombang untuk mendukung pemilu berjalan sukses dengan mengedepankan asas pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (luber dan jurdil) dalam suasana yang aman, damai, dan kondusif.

Sugiat menegaskan bahwa pemilu bukan sekadar seremonial atau pesta demokrasi, tetapi merupakan wahana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat dan merupakan sendi pokok dalam mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dia berharap tahapan-tahapan Pemilu 2024 akan berlangsung tertib, aman, dan damai. Dari Pemilu, diharapkan akan melahirkan sosok pemimpin dan penyelenggara negara yang benar-benar mengabdikan dirinya untuk kepentingan bangsa dan negara. (*)