update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Alasan Kader Gus Dur Mendukung Ganjar-Mahfud yang Dipaparkan oleh Yenny Wahid

Yenny Wahid dan para kader Gus Dur secara resmi menyatakan dukungan kepada pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD untuk Pilpres 2024. Deklarasi ini berlangsung di Hotel Borobudur pada tanggal 27 Oktober 2023. Acara ini dihadiri oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua TPN Arsjad Rasjid, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Wakil Ketua TPN Andika Perkasa.

Yenny Wahid menyatakan bahwa faktor utama dukungan ini adalah sosok Mahfud MD. Menurutnya, Mahfud adalah kader NU yang memiliki kedekatan dengan kaum Nahdliyyin. Karena kedekatan tersebut, mereka mendukung pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Yenny mengatakan Mahfud MD adalah kader Gus Dur yang layak menjadi pemimpin. Kedekatan ini sudah berlangsung lama sejak Gus Dur masih hidup.

Sekretaris Jenderal DPP Barikade Gus Dur, Pasang Haro Rajagukguk, menyebut Barikade Gus Dur akan mendukung pasangan capres-cawapres yang bisa menyejahterakan masyarakat, memiliki track record bagus, memiliki visi-misi seperti Gus Dur, dan bersikap adil tanpa hanya memihak kelompok atau golongan tertentu. Mereka juga mendukung sosok yang muda atau berjiwa muda serta memiliki pengalaman di pemerintahan.

Hingga saat ini, sudah ada tiga pasangan calon (paslon) yang mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), yakni Anies Baswedan dan Muhaimin (Amin), Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, dan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.