update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

8 Pedoman Mandi Junub Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

Mandi junub atau mandi wajib merupakan kewajiban bagi seorang muslim untuk membersihkan diri dari hadas besar. Bagaimana cara yang benar untuk melakukan mandi junub?

Mandi junub adalah ritual yang harus dilakukan jika terjadi beberapa hal, seperti keluarnya air mani, bertemunya dua kemaluan tanpa keluarnya air mani, dan berhentinya darah haid dan nifas. Mandi junub dilakukan dengan membasuh seluruh tubuh dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadas besar.

Hadas kecil dapat disucikan dengan berwudhu, sedangkan hadas besar harus dilakukan mandi junub. Tujuan dari mandi junub ini adalah untuk membersihkan diri dari hadas kecil dan hadas besar.

Jika mandi junub tidak dilakukan, tubuh dianggap masih najis dan tidak dapat melakukan kewajiban ibadah seorang muslim. Ada beberapa tata cara mandi junub yang baik dan benar, antara lain:

1. Niat dan Doa Mandi Junub
Dalam mandi junub, terdapat beberapa niat yang dapat dilakukan sesuai dengan tujuan mandi junub. Berikut adalah niat dan doa secara umum:
“Nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbari fardhal lillaahi ta’aala.” Artinya: Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadas besar karena Allah ta’ala.

Selain itu, terdapat pula niat dan doa setelah haid dan setelah nifas yang harus dilakukan sesuai dengan kondisi tersebut.

2. Mencuci Kedua Tangan
Cuci tangan sampai 3 kali untuk membersihkan tangan dari najis.

3. Membersihkan Bagian Tubuh yang Dianggap Kotor
Bagian tubuh yang dianggap kotor adalah bagian di sekitar kemaluan.

4. Mencuci Kembali Tangan
Setelah membersihkan bagian yang kotor, cuci tangan dengan menggunakan sabun.

5. Berwudhu
Lakukan wudhu seperti biasa sebelum melakukan sholat.

6. Membasahi Kepala
Basahi atau siram kepala dengan air sebanyak 3 kali hingga ke pangkal rambut.

7. Memisah-misah Rambut
Memisah-misah rambut dengan cara menyela-nyela rambut menggunakan jari-jari tangan. Hal ini wajib dilakukan oleh laki-laki dan sunah (mandub) bagi wanita.

8. Membasahi Seluruh Tubuh
Mengguyur air ke seluruh badan dimulai dari sisi kanan dan dilanjutkan dengan sisi kiri.

Demikianlah tata cara mandi junub yang dapat dilakukan. Dengan melakukannya dengan benar, tubuh akan bersih dari hadas besar. Ibadah yang dilakukan juga akan diterima oleh Allah SWT.

Artikel selengkapnya dapat dilihat di sini: (sumber)