update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

4 Doa Sunnah yang Dapat Dibaca Saat Hujan, Harap Dicatat!

Doa yang dapat dipanjatkan ketika turun hujan adalah salah satu nikmat dari Allah SWT yang membawa keberkahan.

Hujan adalah salah satu fenomena alam yang terjadi di Bumi. Turunnya hujan dari langit adalah salah satu kuasa Allah SWT.

Beberapa ayat Al-Quran menjelaskan tentang proses terjadinya hujan. Salah satunya adalah dalam surat Az-Zukhruf ayat 11:

“Dan Yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu Kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur).”

Dalam buku Ensiklopedia Islam oleh Hafidz Muftisany dijelaskan bahwa hujan adalah salah satu bentuk presipitasi uap air yang berasal dari awan yang terdapat di atmosfer. Proses pemanasan air laut oleh sinar matahari merupakan kunci utama proses hidrologi agar berjalan secara terus menerus.

Doa saat Hujan

Mengutip dari Buku Induk Doa dan Zikir oleh Kasimun, ada beberapa doa yang dapat dipanjatkan ketika hujan. Doa ini juga dapat dibaca ketika melihat fenomena alam seperti angin kencang, petir, atau langit mendung.

1. Doa saat Turun Hujan
“Allahummaj’alhu shayyiban naafi’an.”
Artinya: “Ya Allah, jadikanlah hujan ini bermanfaat.”

Bacaan doa saat turun hujan dipanjatkan oleh Rasulullah SAW ketika beliau menyingkap bajunya saat hujan hingga rintik-rintiknya membasahi sebagian tubuhnya. Hal itu dilakukan karena Nabi SAW ingin menunjukkan bahwa hujan adalah rahmat yang diciptakan oleh Allah SWT.

2. Doa Setelah Hujan
“Muthirnaa bi-fadhlillaahi wa rahmatih.”
Artinya: “Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah.”

Berdasarkan riwayat hadits, Rasulullah SAW pernah berkata, “Barangsiapa yang mengatakan, ‘Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah’, maka orang itu beriman kepada Allah dan tidak beriman terhadap bintang-bintang.”

3. Doa agar Hujan Berhenti
“Allaahumma hawaa laynaa wa laa ‘alaynaa. Allaahumma ‘alal-aakaami wazh-zhiraabi, wa buthuunil-awdiyati wa manaabitisy-syajar.”
Artinya: “Ya Allah, hujanilah di sekitar kami, jangan kepada kami. Ya Allah, berilah hujan ke daratan tinggi, beberapa anak bukit dasar lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.”

Doa tersebut bersandar pada hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, ia menceritakan, “Ada sekelompok orang datang kepada Rasulullah SAW dan meminta agar beliau berdoa supaya hujan berhenti. Rupanya hujan tersebut telah berlangsung selama satu minggu sehingga hewan ternak mereka terancam mati dan jalanan pun terputus. Rasulullah SAW lalu berdoa dengan doa ini dan hujan pun berhenti.” (HR Bukhari no. 1014).

4. Doa Ketika Hujan Lebat
“Allaahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa. Allaahumma ‘alal aakaami wal jibaali wal aajaami wazh-zhiraabi wal audiyati wa manaabitisy-syajari.”
Artinya: Ya Allah, jadikanlah hujan ini sebagai nikmat bagi kami, bukan sebagai siksa atas kami. Ya Allah, berikanlah hujan ke dataran tinggi, gunung, ngarai, anak bukit, lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan.

Dalam berdoa, penting bagi kita untuk berserah diri kepada Allah SWT dan memohon keberkahan-Nya. Semoga hujan yang turun membawa rahmat dan keberkahan bagi kita semua.

Exit mobile version