update berita tentang prabowo subianto humanis,berani dan tegas
Berita  

Mengenal Pentingnya Doa Tahiyat Akhir yang Lengkap Hingga Salam

Doa tahiyat akhir sampai salam adalah hal yang sangat penting bagi umat Muslim. Doa ini menjadi inti dari salat kita dan merupakan tugas yang harus kita lakukan. Salat adalah salah satu dari lima rukun Islam yang mengingatkan kita untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salat tidak boleh ditinggalkan karena merupakan bentuk ketaatan dan cinta kita kepada Sang Pencipta yang Maha Kuasa.

Oleh karena itu, mari kita lakukan doa tahiyat ini dengan hati yang tulus dan penuh pengabdian. Salat lima waktu yang menjadi kewajiban bagi setiap Muslim adalah salat subuh, zuhur, asar, magrib, dan isya. Setiap gerakan dan bacaan doa dalam salat harus dilakukan dengan penuh kesungguhan dan ketelitian. Salah satu bacaan yang penting adalah tahiyat.

Dalam salat fardu lima waktu, terdapat dua tahiyat, yaitu tahiyat awal dan tahiyat akhir. Keduanya harus dilakukan dengan penuh khusyu’ dan tuma’ninah sebagai bentuk penghormatan kepada Allah. Setelah membaca tahiyat akhir, kita juga memiliki kesempatan untuk berdoa sesuai dengan kebutuhan dan harapan kita.

Berikut ini adalah bacaan doa tahiyat akhir sampai salam yang bisa diamalkan:

“Attahiyyatul mubarakatush sholawatuth-thoyyibatu lillaah. Assalamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuh. Assalaaamu’alaina wa ‘ala ‘ibadillahish-sholihiin. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rosulullah. Allahumma sholli ‘ala muhammad wa ‘ala aali muhammad kama shollaita ‘ala ibrahim wa ‘ala aali ibrahim. Allahumma barik ‘ala muhammad wa ‘ala aali muhammad kama barokta ‘ala ibrahim wa ‘ala aali ibrahimm fil ‘alamiina innaka hamiidum majiid.”

Artinya: “Segala penghormatan, keberkahan, salawat, dan kebaikan hanya bagi Allah. Semoga salam sejahtera selalu tercurahkan kepadamu wahai nabi, demikian pula rahmat Allah dan berkah-Nya. Semoga salam sejahtera selalu tercurah kepada kami dan hamba-hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad. Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Demi alam semesta, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”

Setelah membaca doa tahiyat akhir lengkap sampai salam, kita sebenarnya dapat mengakhiri shalat dengan mengucapkan salam. Namun, ada sebuah amalan yang sangat baik untuk dilakukan setelah tahiyat akhir sebelum salam, yaitu membaca doa sebagai berikut: “Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, siksa neraka Jahannam, fitnah kehidupan dan kematian, serta fitnah dari Dajjal.”

Setelah membaca doa tahiyat akhir, ucapkanlah salam sambil menengok ke kanan dan ke kiri, dengan mengucapkan “Assalamu alaikum wa rahmatullah.” Artinya: “Semoga keselamatan dan rahmat Allah dilimpahkan kepadamu.”

Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah SWT agar dilindungi dari siksa kubur, siksa neraka, fitnah-fitnah selama hidup dan setelah mati, serta fitnah dari Dajjal di akhir zaman.